Senin, 02 Januari 2017

Review Karbu KOSO di New Megapro

Singkat cerita ane tertarik banget sama karbu koso 28mm. Kenapa saya ambil ukuran 28mm? Ya biar langsung pnp dengan manifold ori. Secara design mirip sama karbu pwk 28 hanya saja karbu koso ini di lengkapi dengan powerjet dan ada 2 lubang pernafasan. Spuyer bawaan pj 40 mj 100. Untuk jarum skep berkode jjh. Setelah muter muter cari tuh karbu kesana kesini akhirnya nemu di daerah tlogosari semarang. Oh iya Finishing karbu ini cukup rapi dan bodi di crom. Sebelumnya ane pake karbu pe 28 karena karbu ori sering banget nyangkut skepnya, karena gampang banget baret maklum karbu vakum, alhasil motor gak bisa lari.


Untuk setingannya karbu pe28 sendiri pj 40 mj 110 jeroannya ane ganti denga repair kit tdr dengan posisi clip jarum skep berada di posisi ke 2 dari bawah. Kok jadi bahas karbu pe ya wkwk


Oke tanpa babibu lagi langsung pasang. Untuk pemasangan sama seperti karbu pe 28. Karbu langsung plek pnp dengan manifold ori new megapro. Kabel gas bisa pake kabel ori tp harus potong ujung bandulnya dan buat lagi dengan benang jahit lalu di lem alteco. Bagi yang sayang sama kabel ori bisa pake kabel ori megpro lama atau gl series.

Buat ukuran spuyernya ane cari di internet dan tenyata banyak yang bilang karbu ini setingannya minta di kecilin dari karbu kabu lainya. Akhirnya ane pake pj 40 dari karbu pe 28 dan mj 108, untuk mj profilnya berbeda dengan pe28, dimensi lebih panjang. Posisi clip jarum skep no 2 dari atas Setelah di pasang ternyata setelan angina-angin terlalu jauh. Lalu ane ganti ukuran 38 masih juga terlalu jauh lalu, terus ane naikin posisi clip di paling atas jadi lumayan setelan angin angin 3,5 putaran.

Oke langsung kita coba, untuk bawahnya lumayan sih tp menurut ane masih kalah responsif di banding karbu pe. Untuk atas ada sedikit brebet di rpm 7000an. Knalpot kaluar asap putih tipis, cek busi ternyata hitam legam. Maaf lupa foto

Percobaan kedua ane mau ganti pj 35 mj 105 tp ternyata stok pj 35 gak ada yasudah tetap pakai pj38. Setalah di pasang ternyata tetap sama saja. Ane bingung harus apa lagi, dan ane putuskan untuk open filter. Dan ternyata motor jadi asik bener enak banget larinya dari bawah sampe atas. Cek busi ternyata merah bata. Akhirnya terpaksa open filter

Seminggu kemudian ane baru nemu pj ukuran 35, langsung aja bongkar. Setelah kepasang ane juga ganti mjnya dengan ukuran 100 bawaan karbu kosonya. Box filternya di pasang lagi sayang nanti skepnya baret gan lalu setting angin-anginnya.


Alhamdulillah settingan pas gan, untuk bawahnya masih sama kalah responsif dari pe28 tapi nafasnya panjang banget mantab lah pokokke.

abang tukang knalpot ikut mejeng wkwk

Semoga kepingin wkwk...

47 komentar:

  1. mas saya bleh minta no hp mas

    BalasHapus
  2. Mohon petunjuk... Rx king saya msh standar, carbu pake koso 28 crome . sebaiknya pj dan mj nya pake yg ukuran brp? Pj dan mj bawaan sama sekali ga enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mj 135 pj 42 atau 45 cobain enak gk

      Hapus
    2. Kurang tau mas, tp kalo motor 2 tak biasa ukuran spuyernya gede2mas. biasanya 42/130an keatas, sedangkan bawaan pwk koso cuma 40/100

      Hapus
  3. Pj 35, mj 98, jarum gl pro series

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah pake mj 98 atasnya terlalu kering mas kasian mesinya

      Hapus
  4. Gimana bro pemakaian smpe sekarang?

    BalasHapus
  5. mantep om. itu headlamp diganti pake punya vixion kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake braket apa bro utk pemasangan headlamp nva ke nmp?

      Hapus
    2. pakai dudukan nva orinya bro trs dilas di sesuain sm segitiga nmp

      Hapus
  6. Buat cb 100 spech tiger kalau pake karbu koso 32 jetting yang pas gmn bro? Pj sm mj nya ukuran brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau mas tiap motor settingannya beda beda tergantung rubahan. Coba pake 40/120 di rasakan dulu ena ngganya

      Hapus
  7. Sama mas brow saya juga pake carbu pe 28,mantap pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pj n mj nya ukuran brp masbro soalnya sy pke pe 28 msh bawaan karbu pj/mjnya merk rideit, busi basah mtr ssh hidup.. lontong eh tolong bagi infonya

      Hapus
  8. untuk sensor TPS di karbu bawaannya d buang atau gmna bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di lepas aja mas bro gpp. Ngga ngaruh kok cuman timming pengapiannya jd turun tidak sesuai dgn putaran gas. solusinya di kasih resistor 10k di soket tpsnya

      Hapus
    2. Nanti saya buatkan caranya kalo sempet

      Hapus
    3. Resistor 10k yg berapa watt om

      Hapus
  9. Untuk konsumsi BBM gimana mass. Kebetulan ini saya nyari refrensi. Soalnya krbu bawaan new megapro saya bikin pusing. Karet vakum atau entahlah ini hobinya masalah terus. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas lebih boros dari standart mas tp sebanding kok dengan tenaganya. Irit ngganya jg tergantung settingannya udah pas apa belum. Tergantung tangan nya jg terlalu brrsemangat muntir gass

      Hapus
  10. Suhu saya minta pencerahan ... kalo karbu koso 32 mm ukuran pj/mj nya brp ya biar enak..?

    BalasHapus
  11. Suhu saya minta pencerahan ... kalo karbu koso 32 mm ukuran pj/mj nya brp ya biar enak..?

    BalasHapus
  12. Di lepas mas bro, terus soketnya saya kasih resistor 10k

    BalasHapus
  13. Kalo pake PE28 spuyer ukuran berapa ya kira kira? Sekarang pake 38/110 busi masih item gan

    BalasHapus
  14. Foto penampakan pemasangan resistornya om,saya juga pake karbu skep dan belum pasang resistor itu di soket TPS nya

    BalasHapus
  15. Mas kan punya ku ku ganti karbu ni mas tapi kok kalo dalam ngelamsam bagus nii cuma kalo kita jalan diya kaya seperti mau habis bensin nya mas , ituu gimana mas mohon mintal sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin pilotjetnya kekecilan mas bro, coba turunin klip jarumnya 1-2 step trs cek pelampungnya di bikin rata atw turun dikit

      Hapus
  16. Soket diTPS ada tiga trus yg dikasih resistor yg mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg paling kanan sm yg paling kiri mas bro yg tengah ngga usah di apaapain

      Hapus
  17. PJ MJ untuk pe 28 enak Pake ukuran berapa bang???πŸ™

    BalasHapus
  18. Ukuran pj MJ TK racing brp om?

    BalasHapus
  19. Saya dapat setelan PJ 32 MJ 105 malahan, filter dipasang

    BalasHapus
  20. Posisi jarum skep di paling atas. Setelan angin 3 putaran

    BalasHapus
  21. Masbro, itu kan ada tps nya, ngakalinya gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. email saya aja mas bro nanti saya kasih foto pasang resistornyaa

      Hapus
  22. Sensor tps nya gak ngaruh ya?? Diputus atau di gimanain?

    Tnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya ngga ngaruh mas bro, hanya saja ada penurunan timming pengapian di rpm 6000an kebawah, solusinya putaran bawah di seting kering aja mas bro.
      kalo saya, tpsnya saya kasih resistor 10k jd teganganya di 3,8volt. biasanya setelah di kasih resistor knalpot jd nembak2 karena jd kering banget. solusinya setel ulang angin2 karburatornya. konsumsi bbm jg jauh lebih irit.

      Hapus
  23. email saya aja mas bro nanti saya kasih foto pasang resistornyaa

    BalasHapus
  24. masny bengkel sblh mn mas? sy jg d tlogosari, atau ada nomoe tlp yg bs d hub?

    BalasHapus
  25. Mas tlg bantuin sayaa, saya sudah capek pake karbu ori new megapro. Ngos2an ga aada tenaganya, brebet, kadaang mesin mati sendiri. Mungkin ada nomer telf ato email yg bisa dihubungi mas, kebetulan saya org tlogosari. Matursuwun πŸ™

    BalasHapus
  26. Posisi mesinnya std atau sudah bore x stroke up mas?

    BalasHapus
  27. om. bs kasih liat video atau tutorial pasang resistor di tpa nya om..

    BalasHapus